Ryu's Said

Wellcome to my Blog, please enjoy and coment

Tuesday, October 21, 2014

Pencemaran Lingkungan

Seiring berkembangnya teknologi, kini kegiatan manusia seperti pada bidang industri pun berkembang dengan pesat dan banyak menghasilkan keuntungan kepada manusia. Tetapi dibalik keuntungan tersebut terdapat pula kekurangan yang mengakibatkan kerugian kepada manusia. Kerugian tersebut adalah pencemaran lingkungan. Tidak sedikit industri yang menyebabkan pencemaran lingkungan.
Polutan adalah bahan yang dapat mencemari lingkungan. Contohnya seperti bahan kimia, debu, panas, suara dan radiasi. Berdasarkan lingkungan yang terkena polutan, pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah dan pencemaran suara.

Pencemaran udara dapat terjadi karena masuknya zat atau komponen lainnya ke udara sehingga menyebabkan mutu dari udara tersebut menurun. Contoh zat yang dapat mencemari udara yaitu debu, senyawa hidrokarbon, asap rokok dan lain-lain. Jika pencemaran udara terjadi maka dapat terjadi hal yang tidak menyenangkan yang dapat merugikan manusia seperti terjadinya perubahan iklim, kerusakan lapisan ozon dan lainnya.
Pencemaran air dapat diketahui dengan melihat perubahan pada air tersebut. Air yang tercemar biasanya mengalami perubahan fisik (warna, bau, rasa, suhu),kimia (kandungan oksigen, keasaman) dan biologi (terdapatnya mikroorganisme yang merugikan manusia seperti mikroorganisme patogen, Escherichia coli). Sedangkan tanda atau ciri dari air yang tidak tercemar yaitu air tersebut tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan kandungan oksigen terlarut (DO atau Dissolved Oxygen) tinggi. Pencemaran air dapat menghambat proses fotosintesis fitoplankton yang mana dapat mengakibatkan penurunan kadar oksigen dalam air.
Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh limbah seperti sampah yang tidak mudah terurai. Sampah yang tidak mudah terurai contohnya yaitu pecahan gelas, plastik, kaleng dan lainnya. Tanah jika tercemar maka kesuburannya akan berkurang yang mengakibatkan turunnya produksi dari tanaman.
Pencemaran suara adalah suara mengganggu yang tidak di lingkungan. Polutannya dapat berupa suara mesin pabrik, mesin pesawat terbang, mesin kendaraan bermotor dan lainnya. Jika pencemaran udara terjadi maka dapat merugikan manusia. Kerugian yang dimaksud adalah seperti terjadinya gangguan sistem kedengaran manusia, berpengaruh pada tekanan darah dan lainnya.
Dari penjabaran di atas tentunya kita sebagai manusia tidak menginginkan terjadinya pencemaran lingkungan.  Terlebih lagi begitu banyak masalah yang dapat timbul jika pencemaran terjadi. Oleh karena itu kini kita harus memulai melakukan pengelolaan lingkungan.
Pengelolaan yang dimaksud yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan kimia yang dapat menyebabkan polusi, mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dengan cara memanfaatkan Humber energi alternatif yang ramah lingkungan, menyediakan lahan untuk ditanami tanaman yang dapat membantu memelihara cadangan air, pembuatan taman kota, mengurangi penggunaan pestisida dan lainnya. 
Tentu berbicara atau menulis mengenai cara memelihara lingkungan sangat mudah. Bahkan hampir semua orang mengetahui cara mengelola lingkungan. Tetapi untuk memulainya kita tidak boleh menunggu untuk orang lain yang mencontohkan pada kita. Sedangkan kita bersikap acuh dan hanya menginginkan lingkungan yang asri tanpa melakukan apapun. Dalam hal apapun untuk mendapatkan yang kita harapkan maka kita harus berusaha terlebih dahulu. Seperti halnya masalah lingkungan ini pun kita semua harus berusaha mengelola lingkungan dengan baik sehingga nantinya kita dapat memetik hasil dari usaha kita yaitu keadaan lingkungan yang baik juga terawat dan kita dapat saling berbagi keindahan lingkungan dengan orang lain dan juga keluarga kita.

Referensi:
Yukaliana, dkk. 2013. MANDIRI IPA Biologi Jilid 1 Untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

No comments:

Post a Comment