Ryu's Said

Wellcome to my Blog, please enjoy and coment

Saturday, May 12, 2012

Teori renungan

Teori renungan untuk menciptakan karya seni, antara lain :
  1. Teori Pengungkapan  :  Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” (Seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia). Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris;
  2. Teori Metafisik   :   Merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Seniman besar adalah seseorang yang mampu dengan perenungannya itu menembus segi-segi praktis dari benda-benda di sekelilingnya dan sampai pada makna yang dalam, yakni memahami ide-ide dibaliknya;
  3. Teori Psikologis   :    Salah satunya ialah teori permainan yang dikembangkan oleh Freedrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1903). Seni merupakan semacam permainan y menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia berhubungan dengan adanya kelebihan energi yang harus dikeluarkan.
Menurut saya karya seni adalah suatu karya yang tercipta atas suatu perasaan atau keinginan yang dituangkan ke dalam suatu media sehingga tercipta suatu karya seni. Suatu karya seni memiliki arti atau makna yang berbeda pada setiap karya, bahkan dalam satu karya seni akan memiliki beberapa makna yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda atau dari orang yang melihatnya. Melalui seni maka orang akan meluapkan segala perasaan yang terpendam dalam hatinya sehingga seni dapat menyeimbangkan perasaan atau mental seseorang. Dengan seni maka kita dapat menuangkan perasaan yang belum tentu dapat kita ungkapkan hanya dengan penjelasan kata logis tentang apa yang kita rasakan. Seni dapat menjadi inspirasi untuk orang lain bahkan dapat membuat orang lain terhibur.
Seni dapat membuat kita merenungkan berbagai hal. Seperti ketika mendengarkan musik atau lagu yang dapat membuat kita terhanyut dan membuat kita merenungkan kehidupan pribadi atau kehidupan orang lain. Dengan seni kita dapat menyadarkan orang lain tentang berbagai hal dari menyadarkan apa itu sebenarnya keindahan atapun menyadarkan apa yang telah dilakukan manusia selama ini. Dengan seni maka kita lebih mudah menyampaikan pikiran atau ide atau perasaan yang sedang kita rasakan sehingga dapat menjadi renungan kita atau orang lain.

No comments:

Post a Comment